Sabtu, 08 Mei 2010

Berapakah ph darah Anda?

Saya terkejut ketika mengetahui hasil lab darah saya. Ternyata pH-nya (potential of Hydrogen)cuma 6,5. Walaupun pH darah ini tdk mendapat bintang, namun setelah membaca sebuah buku kesehatan saya menjadi sadar bahwa pH darah yg sehat adalah antara 7,0 - 7,4.

Dalam salah satu judul bukunya, "Rahasia pH sehat yang menyembuhkan penyakit dan kanker," Aleysius H. Gondosari memaparkan, bila pH suatu zat lebih tinggi dari 7, berarti zat itu makin bersifat basa atau alkali, dan lebih kaya akan oksigen. Sebaliknya bila kurang dari 7, berarti bersifat asam dan mengandung lebih sedikit oksigen.

Kalau tubuh mempunyai pH 7,4 maka tubuh akan kuat menghadapi penyakit dan kanker. Tubuh akan sakit bila pH di bawah 7, tetapi juga tidak sehat bila pH tubuh berada di atas 7,4.

Makanan apa saja yang menjadi asam saat dimetabolisma di dalam tubuh? Makanan dan minuman yang manis, telur dan daging merah (khususnya) serta goreng-gorengan adalah salah satu pemicu keasaman tubuh. Selain makanan, stress juga berpengaruh pada keasaman tubuh. Masalah2 pekerjaan, kondisi keluarga akan berpengaruh pada lambung, pencernaan, tenggorokan, gigi dan kepala.

Sebaliknya, mengkonsumsi mineral dan kalsium dalam takaran yang tidak seimbang sehingga sulit diserap tubuh akan menyebabkan pH tubuh naik di atas 7,4. Salah satu penyakit yang mungkin timbul adalah pengapuran pada tulang, terbentuknya batu ginjal atau asam urat yang tinggi.

Jadi tidaklah heran kenapa cuka apel, noni atau juice lemon banyak digunakan oleh terapist untuk mengobati kanker karena sifat asamnya justru di dalam tubuh kita akan berubah menjadi basa. Dengan meningkatnya pH darah dalam tubuh, maka tubuh mempunyai kekuatan sendiri untuk melawan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh kita. Tetapi sel-sel kanker akan dengan cepat menyebar apabila pH darah dalam tubuh kita dalam kondisi asam.

Saya pernah bertemu dengan seorang senior yang divonis dokter kena kanker lambung. Namun ternyata kemudian bebas dan sehat hanya dari ketekunannya meminum juice lemon selama beberapa bulan.

Dan saya juga bertemu dengan seorang teman yang asam uratnya sangat tinggi yaitu di atas 8 (normal tertinggi 7), walau ybs lebih banyak makan sayur-sayuran.

Ternyata penjelasannya terletak di pH darah dalam tubuh kita. Dalam kenyataannya, mereka yang vegetarian sering menderita pengapuran tulang, asam urat yang tinggi karena sifat darah tubuhnya yang alkalis.

Nah, informasi di atas sangatlah dangkal. Perlu lebih banyak membaca buku kesehatan dan juga berkonsultasi dengan dokter ahli gizi agar kita bisa mendapat asupan makanan yang seimbang dan sehat.

Selamat berusaha, semoga Anda dan saya selalu sehat dan sejahtera. Salam..
Antonius Halim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar